Sertijab Kepala BPN Kabupaten Bandung, Iim Rohiman Gantikan Rahmat

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung diserahterimakan dari Rahmat A kepada Iim Rohiman dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) di Ruang Rapat Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung, Jumat (20/9/2024).

Rahmat selanjutnya menjabat sebagai Kepala BPN Kota Depok. Sedangkan penggantinya, Iim Rohiman, sebelumnya menjabat Kepala BPN Kabupaten Bandung Barat.

Pada kesempatan itu Rahmat berharap agar inovasi yang telah dimulai selama masa kepemimpinannya dapat terus berlanjut. “Saya sudah menyiapkan layanan elektronik dan transformasi digital di Kabupaten Bandung. Harapan saya, ini bisa dilanjutkan dengan baik,” ujarnya.

Ia menekankan pentingnya kolaborasi dengan masyarakat, pemerintah daerah, dan para pemangku kepentingan lainnya. Termasuk juga perlunya meningkatkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). “Target-target PTSL harus kita capai dengan lebih giat lagi,” harapnya.

Rahmat juga mengungkapkan pentingnya peran BPN dalam mendukung investasi di Kabupaten Bandung. Menurutnya, BPN bukan hanya bertugas mengurus sertifikasi tanah, tetapi juga membantu mendorong perekonomian daerah.

“Jika investasi meningkat, masyarakat akan lebih cerdas dan sejahtera. Hal ini penting untuk kemajuan Kabupaten Bandung,” ucapnya.

Kepala Kantor BPN Kabupaten Bandung yang baru, Iim Rohiman, menyampaikan bahwa dirinya akan melanjutkan berbagai program yang telah berjalan.

“Saya baru ditugaskan sebagai Kepala BPN Kabupaten Bandung mulai Rabu kemarin. Sebelumnya, saya bertugas di Kabupaten Bandung Barat, jadi tidak jauh dari sini,” ujar Iim.

Ia menyatakan pentingnya dukungan dari semua pihak, baik dari internal BPN maupun dari para pemangku kepentingan eksternal.

“Kami berharap dukungan dari teman-teman di BPN dan juga para mitra kerja seperti PPAT dan pemerintah daerah untuk memajukan pertanahan Kabupaten Bandung,” ujar Iim.

Selain program PTSL, Iim menyebutkan bahwa proyek pembangunan jalan tol Gede Bage-Tasik-Ciamis sedang berlangsung dan memerlukan perhatian.

Ia juga menyoroti transformasi digital di bidang pertanahan, khususnya migrasi dari sertifikat analog ke sertifikat digital. “Ini menjadi salah satu fokus kami untuk mempermudah masyarakat dalam urusan pertanahan,” katanya.

Kepala Kantor BPN Kabupaten Bandung, Iim Rohiman (ketiga dari kiri) berfoto bersama usai acara serah terima jabatan (sertijab) di Ruang Rapat Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung , Jumat (20/9/2024). Foto Lily Setiadarma

Sementara itu, Agus Dwi Yudiyanto, selaku Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan menyambut kedatangan Iim Rohiman sebagai pimpinan baru di BPN Kabupaten Bandung.

“Selamat datang, Pak Iim. Semoga kepemimpinan Anda membawa kemajuan bagi Kabupaten Bandung,” ucapnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Rahmat atas dedikasinya selama ini. “Selamat bertugas di tempat baru, Pak Rahmat. Semoga sukses di BPN Kota Depok,” lanjutnya.

Ucapan senada datang dari Trisno Sugito, selaku Kepala Seksi Survei Pengukuran. Ia berharap Iim Rohiman dapat melanjutkan hal-hal positif yang sudah diterapkan oleh Rahmat.

“Kami berharap, visi dan misi Kabupaten Bandung sebagai ikon Jawa Barat dapat terwujud dengan baik,” ungkapnya. Ia juga mendoakan kesuksesan Rahmat di tempat tugas barunya di Kota Depok.

Dengan adanya pergantian kepemimpinan ini, diharapkan program-program prioritas di BPN Kabupaten Bandung dapat terus berjalan, serta inovasi-inovasi baru yang dibawa Iim Rohiman dapat semakin memajukan pelayanan pertanahan di Kabupaten Bandung.

Lily Setiadarma