Sekda Kabupaten Sukabumi Ingatkan Pentingnya Literasi Bagi Kemajuan Daerah

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman menutup Jambore Literasi di Komplek GOR Pemuda Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis (26/9/2024).

Kegiatan yang digagas Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sukabumi ini, diisi berbagai kegiatan dan perlombaan yang berkaitan literasi, mengingat betapa pentingnya literasi bagi kemajuan suatu daerah.

Kegiatan dan perlombaan dalam rangka Jambore Literasi tersebut telah terlaksana sejak 14 Agustus 2024, dan hari ini sebagai puncak acara sekaligus penutupan.

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman dalam sambutannya mengatakan, jambore ini harus menjadi momentum bagi masyarakat untuk rajin berkunjung ke perpustakaan untuk memanfaatkan berbagai fasilitas yang tersedia di perpustakaan.

“Manfaatkan fasilitas di perpustakaan baik dengan membaca buku secara fisik maupun digital,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Ade, literasi menjadi salah satu jalan dalam mencerdaskan anak bangsa, dimana akhir dari semua itu adalah terwujudnya kesejahteraan. “Melalui literasi, kita mencoba mencerdaskan kehidupan bangsa. Setelah cerdas bisa menjadi sejahtera,” ucapnya.

Oleh karena itu, Sekda berpesan kepada semua pihak untuk mempromosikan perpustakaan Kabupaten Sukabumi, sehingga semakin banyak masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan untuk meningkatkan literasinya. “Mari bersama-sama kita promosikan perpustakaan,” ajak Ade.

Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Nurhadisaputra, menambahkan literasi merupakan sesuatu yang sangat penting. Bahkan, dari sisi peningkatan SDM. “Tanpa literasi, akan sulit meningkatkan SDM,” katanya.

Anak-anak Paud Al-Janah Cibolang saat mengikuti Jambore Literasi.

“Namun bagi Kabupaten Sukabumi ini luar biasa. Hal itu terlihat dari kemeriahan Jambore Literasi. Ini bisa menjadi pendongkrak. Ini semangat awal untuk Kabupaten Sukabumi,” katanya lagi.

Pustakawan Utama Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi pun mengamini pentingnya literasi. Bahkan permasalahan kehidupan bisa selesai ketika masyarakatnya literat. “Mari kita jadikan Kabupaten Sukabumi yang literat,” ajaknya.

Dalam kesempatan tersebut, diluncurkan Buku Digital Cerdaskan dan Tingkatkan Literasi (Budi Centil), dan pengukuhan duta baca kecamatan.

Ujang S. Chandra