Abah Uli Samsudin Sumringah Rumahnya yang Hampir Roboh Direnovasi BAZNAS Cianjur

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Untuk kesekian puluh kalinya Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cianjur merenovasi rumah tidak layak huni (rutilahu). Kali ini rutilahu yang direnovasi melalui Program Layak Huni BAZNAS Kabupaten Cianjur itu yakni rumah milik Abah Uli Samsudin (77).

Bertahun-tahun Abah Uli yang tinggal sendirian di rumahnya di Jl. Prof. Moch. Yamin, RT/RW 03/09, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur itu ingin sekali memperbaiki rumahnya yang hampir roboh. Tapi karena tak punya pekerjaan tetap, keinginan tersebut tak pernah terwujud.

Karena itu, ketika tim dari BAZNAS Kabupaten Cianjur datang ke rumahnya dan menyebutkan bahwa rumah Abah Uli akan segera diperbaiki, Abah Uli pun meneteskan air mata, karena tak menyangka rumahnya akan diperbaiki.

Hal itu terbukti ketika Senin (30/9/2024) kemarin, Ketua BAZNAS Kabupaten Cianjur H. Tata, A.Pi., MM, bersama Camat Cianjur Tomtom Dani Gardiat, M.Si., pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Cianjur dan Lurah Sayang, melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan rumah Abah Uli.

Ketua BAZNAS Kabupaten Cianjur H. Tata menyebutkan, selain rumahnya direnovasi agar menjadi tempat tinggal yang nyaman dan sehat, BAZNAS Cianjur juga menjamin kebutuhan makan Abah Uli sehari-hari melalui Program Timbel Kanyaah.

Ketua BAZNAS Kabupaten Cianjur H. Tata A.Pi., MM, dan Camat Cianjur Tomtom Dani Gardiat, saat meletakan batu pertama pembangunan rumah milik Abah Uli Samsudin di Jl. Prof. Moch. Yamin, RT/RW 03/09, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Senin (30/9/2024).

Program BAZNAS Cianjur yang sudah dilaksanakan sejak sekitar tiga tahun lalu itu memang diperuntukan bagi kaum jompo seperti Abah Uli yang hidupnya sendirian. Mereka mendapat jatah makanan bergizi sehari dua kali.

Ada pun sumber dananya antara lain berasal dari infak PNS/ASN di lingkungan Pemkab Cianjur, termasuk dari Bupati Cianjur H. Herman Suherman, yang dihimpun oleh BAZNAS Cianjur.

Sementara itu, Camat Cianjur Tomtom Dani Gardiat, menyampaikan apresiasinya kepada BAZNAS Cianjur, termasuk kepada para muzaki di wilayah Kecamatan Cianjur yang telah menyalurkan zakat, infak dan sedekahnya melalui BAZNAS setempat.

“Dengan adanya renovasi rumah Abah Uli ini, bisa dikatakan bahwa warga Kecamatan Cianjur sudah banyak menyalurkan ZIS-nya melalui BAZNAS Cianjur. Karena itu, saya sampaikan terima kasih, dan mari kita menyalurkan ZIS melalui BAZNAS, yang telah ditunjuk oleh pemerintah,” kata Tomtom.

Abah Uli pun menyampaikan terima kasih kepada BAZNAS Cianjur yang telah memberikan bantuan renovasi rumah dan Timbel Kanyaah, sehingga dirinya tak perlu lagi susah payah mengais rezeki untuk makan sehari-hari.

Asep R. Rasyid