Nek Kiyah dan Aki Udin Sumringah, Rumah Mereka Direnovasi TMMD ke-122 Kodim 0608/Cianjur

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Keinginan mereka memperbaiki rumah panggungnya yang di sana-sini sudah lapuk, selama ini hanya mimpi. Karena memang jangankan untuk memperbaiki rumah, untuk makan sehari-hari saja mereka hanya mengandalkan upah sebagai butuh tani.

Tapi sekarang, tanpa diduga mimpi mereka menjadi kenyataan. Rumah Nek Kiyah (72), warga Kampung Citapen RT/RW 03/04, dan rumah Aki Udin (78) warga Kampung Cipendeuy RT 06/05, keduanya di Desa Ciandam, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, saat ini sedang direnovasi.

Hal itu berkat adanya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 0608/Cianjur yang dilaksanakan di desa tersebut. Salah satu sasaran fisik dari program TMMD itu yakni renovasi rumah tidak layak huni (rutilahu), dan rumah milik Nek Kiyah dan Aki Udin memang kondisinya sudah lama tidak layak huni.

“Renovasi ke 2 unit rumah tidak layak huni itu mulai dikerjakan personel Satgas TMMD yang dibantu warga setempat,” kata Dansatgas TMMD ke-122, yang juga Dandim 0608/Cianjur, Letkol Kav Yerry Bagus Merdiyanto, Jum’at (4/10/2024).

Menurut Dansatgas, renovasi ke 2 rutilahu itu dikerjakan serentak, dan ditargetkan selesai dalam tiga atau empat minggu ke depan, sehingga pemiliknya dapat segera menempati rumah layak huni dan sehat. “Mudah-mudahan mereka nanti merasa nyaman tinggal di rumah hasil renovasi Satgas TMMD,” katanya.

Sementara itu, Aki Udin mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan perbaikan rumah miliknya, yang memang sudah lama diimpikan. “Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI yang telah membantu memperbaiki rumah saya,” katanya.

Asep R. Rasyid