Ciptakan Rasa Aman Masyarakat, Satgas TMMD ke-122 Bangun Pos Kamling, Kades Ciandam Sebut ini juga Sebagai Tempat Silaturahmi Warga

wartaparahyangan.com

CIANJUR – Untuk menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan masyarakat, warga Kampung Citapen, Desa Ciandam bersama Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 0608/Cianjur, saat ini sedang membangun pos kamling.

Pembangunan pos kamling yang berada tepat di pinggir jalan lintasan kampung antara Kampung Citapen dengan Kampung Cipeundeuy tersebut merupakan salah satu sasaran fisik program TMMD ke122 yang saat ini sedang dilaksanakan di Desa Ciandam, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur.

Kepala Desa Ciandam Ny. Elin mengatakan, meski di Desa Ciandam terbilang aman, namun keberadaan pos ronda tetap dibutuhkan, selain untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat, juga sebagai tempat silaturahmi warga.

“Selain untuk menjaga keamanan, pembangunan pos ronda ini juga akan dijadikan sebagai tempat silaturahmi dan bercengkrama warga, sehingga ikatan tali persaudaraan di masyarakat semakin kuat,” ujar Ny. Elin, Jum’at (11/10/2024).

Ia menjelaskan, pos ronda yang berada di pinggir jalan lintas kampung itu juga sebagai tempat untuk memantau hilir mudik warga dari Kampung Citapen dan Kampung Cipeundeuy, Kecamatan Mande.

“Selain itu, sepeda motor warga pun banyak yang melintas. Jadi pos ronda ini juga untuk memantau arus lalu lintas dan aktivitas warga demi keamanan dan kenyamanan masyarakat,” ujar Kades Ciandam.

Seperti disampaikan Dansatgas TMMD ke-122 Kodim 0608/Cianjur, Letkol Kav Yerry Bagus Merdiyanto, bahwa program TMMD ke-122 yang dilaksanakan selama 30 hari, mulai 2 Oktober hingga 31 Oktober 2024 itu punya dua sasaran, yakni sasaran fisik dan non fisik.

Untuk fisik, di antaranya pengecoran atau rabat beton sepanjang 2,2 km, renovasi 3 unit rutilahu, pembuatan 3 unit sumur bor, pembangunan 2 unit pos ronda dan rehabilitasi mesjid.

Sedangkan sasaran non fisik, meliputi penyuluhan kesehatan, penyuluhan kesadaran hukum, penyuluhan wawasan kebangsaan, serta penyuluhan pertanian dan perkebunan.

Asep R. Rasyid