Pada Puncak Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana, Pemkab Bandung Terima Dokumen Hibah dari BNPB

wartaparahyangan.com

BANDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menerima dokumen hibah barang milik negara dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang bersumber dari dana siap pakai.

Dokumen hibah tersebut diserahkan pada Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana di Hermes Palace Hotel, Kota Banda Aceh, Kamis (10/10/2024).

“Kita dari Pemkab Bandung sudah menerima bantuan hibah berupa mobil dapur lapangan untuk penanganan masyarakat Kabupaten Bandung disaat pascabencana,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama, yang hadir bersama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bandung Ruli Hadiana dalam acara tersebut.

Selain itu, kata Uka Suska, BNPB juga akan memberikan bantuan hibah untuk masyarakat Kabupaten Bandung yang terdampak bencana gempa bumi, di antaranya bantuan untuk perbaikan rumah yang mengalami rusak berat, sedang dan ringan.

“Ini sebagai bentuk sinergitas dan ikhtiar kita dari Pemkab Bandung dengan BNPB dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya dalam penanggulangan dampak bencana gempa bumi. Tetapi perlu diingat bahwa pengurangan risiko bencana itu bisa dilakukan lebih dini melalui kesiapsiagaan kebencanaan,” tutur Uka Suska.

Ia mengatakan bahwa Puncak Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana itu merupakan momen penting di Tanah Air, yang merupakan kawasan rawan kebencanaan.

“Kita hadir dalam kegiatan itu atas undangan BNPB, yang selama ini turut memberikan perhatian kepada masyarakat Kabupaten Bandung yang terdampak gempa bumi di Kecamatan Kertasari,” katanya.

Lily Setiadarma

Leave a Reply