Potret Keakraban Tentara dan Warga dalam TMMD ke-122, Wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat

wartaparahyangan.com

CIANJUR – Keakraban dan kebersamaan antara anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 0608/Cianjur dengan warga, tampak di lokasi TMMD di Kampung Citapen, Desa Ciandam, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur.

Disaat istirahat di sela-sela melaksanakan tugasnya mengerjakan sasaran program TMMD ke-122, tampak anggota TNI dan warga sekitar lokasi TMMD itu saling berbaur dan dipenuhi canda tawa sembari menikmati hidangan makan siang, segelas kopi dan sebatang rokok.

Di antara mereka tak ada sekat. Karena memang seperti kerap dikumandangkan bahwa TNI berasal dari rakyat, maka kebersamaan dan keakrabannya dengan masyarakat selalu terlihat dari berbagai kegiatan kemasyarakatan, termasuk di lokasi pelaksanaan TMMD ke-122 Kodim 0608/Cianjur tersebut, dan hal itu tentunya salah satu wujud Kemanunggalan TNI dan rakyat.

Bahkan bukan hanya anggota Satgas, Komandan Satgas TMMD ke-122 pun, yakni Dandim 0608/Cianjur Letkol Kav Yerry Bagus Merdiyanto, bila meninjau pelaksanaan TMMD di Desa Mande itu, selalu menyampaikan diri berbincang-dengan dengan warga setempat.

Menurut Danki Satgas TMMD ke-122 Kodim 0608/Cianjur, Kapten Czi Andri Yulias Bahari, kebersamaan antara Satgas TMMD dan warga desa merupakan salah satu bentuk sinergitas TNI dan rakyat.

“Berkat kegigihan dan kerja sama antara Satgas TMMD Ke-122 Kodim 0608/Cianjur bersama warga, pekerjaan di lokasi sasaran fisik pun mengalami progres yang cukup memuaskan,” kata Kapten Andri Yulias Bahari, Jum’at (18/10/2024).

Para warga pun merasakan kebersamaan dan keakraban tersebut. Seperti disampaikan Maman (34), salah seorang warga Kampung Citapen. Ia mengaku senang bisa berbaur dan bercanda tawa bersama para tentara, apalagi ini langsung dengan komandannya.

“Saya senang sekali bisa kumpul sama Bapak-bapak TNI. Mereka suka bercanda, jadi kami para warga di sini seperti mempunyai saudara baru dari kegiatan TMMD ini,” katanya.

Asep R. Rasyid

Leave a Reply