Ayo Ajak Keluarga! Petik Stroberi di Dusun Stroberi Serasa di Kebun Sendiri

wartaparahyangan.com

BANDUNG – Bagi keluarga yang ingin menghabiskan akhir pekan, sangat tepat bila berkunjung ke Dusun Stroberi Walini, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Di sini, pengunjung bisa metik sendiri buah stroberi. Bagi anak-anak juga bisa mengenal lebih jauh tentang manfaat buah hingga cara memeliharanya.

“Di Dusun Stroberi kita berikan edukasi cara memelihara strawberry. Terus kita juga kenalkan manfaat buah strawberry untuk tubuh,” ujar Owener Dusun Stroberi, H. Uus Suryana, kepada wartaparahyangan.com, Minggu (20/10/2024).

Di tempat wisata yang berudara sejuk itu, pengunjung bisa menikmati buah stroberi yang dipanen sendiri. “Kalau mau bawa buah banyak, bisa juga, tinggal ditimbang. Harganya Rp80 ribu perkilo,” ujarnya lagi.

Uus menyampaikan, di akhir pekan kunjungan wisatawan ke Dusun Stroberi cukup banyak. Sedangkan dihari-hari biasa, ada sekitar puluhan orang. Tapi pada dasarnya tingkat kunjungan tidak menentu, sehingga sewaktu-waktu bisa naik atau turun.

Pengunjung memperlihatkan stroberi hasil memetik langsung dari kebun yang ada di Dusun Stroberi, Minggu (20/10/2024). Foto Lily Setiadarma

“Memang segmen kita ini kan wisata keluarga, jadi rata-rata kunjungan itu Sabtu dan Minggu. Kalau hari biasa seringnya pengunjung lokal, seperti dari Bandung dan sekitarnya,” kata Uus.

Di Dusun Stroberi ini, selain disediakan kebun stroberi yang buahnya bisa kita panen sendiri, juga disediakan tempat penginapan yang berada di sekitar hamparan tanaman stroberi, sehingga saat kita menginap di sana kita bisa merasakan nuansa baru dalam menikmati masa liburan.

Menurut Uus, di Dusun Stroberi tersedia 16 tempat penginapan dengan berbagai tipe, yakni 8 unit tipe kali bret, 3 unit tipe mencir, 3 manora, satu santung, dan satu aula yang bisa menampung 150-200 orang.

Aula tersebut bisa dipergunakan untuk berbagai acara baik formal maupun informal, seperti indoor family gathering, rapat, arisan, ulang tahun, dan pesta pernikahan. “Di semua penginapan tersedia kolam renang private air panas alami,” katanya.

Salah satu tipe villa yang ada di Dusun Stroberi, dengan fasilitas lengkap. Foto Lily Setiadarma

Menariknya lagi, menikmati liburan di Dusun Stroberi, tak perlu merogoh saku dalam-dalam. Cukup dengan Rp15 ribu/orang sudah bisa masuk ke tempat wisata yang hijau asri itu. Bahkan dengan nominal sebesar itu, wisatawan bisa mendapatkan jus stroberi secara gratis, yang tentunya menyegarkan.

Salah seorang pengunjung asal Pajajaran Kota Bandung, Ramadiansyah (27), mengaku senang dan puas bisa berkunjung dan berwisata ke Dusun Stroberi yang berada di wilayah Bandung selatan. Apalagi kondisi alamnya yang indah dan udaranya yang sejuk.

“Saya datang dengan anak, sengaja untuk wisata ke Bandung selatan ini. Alhamdulillah perjalanan lancar, pemandangannya bagus dan cuaca cerah,” ujarnya.

Lily Setiadarma

Leave a Reply