Geo Dipa Bagikan Lagi Paket Sembako di Panundaan

HC, GA & Finance Manager PT. Geodipa Energi, Rita Purwita Ilhamisari saat memberikan bantuan sembako  (simbolis) yang diterima Kepala Desa Panundaan Irwan Darmawan di Aula Desa Panundaan , Selasa ( 28/4).
Foto: Lee

WARTAPARAHYANGAN.COM

CIWIDEY   – PT. Geodipa Energi (Persero) akan mengalihkan beberapa kegiatan CSR agar perusahaan bisa ikut serta berperan dalam menanggulangi Pandemi Virus Corona (Covid 19). Saat ini sudah 30 persen total anggaran CSR yang direalisasikan guna penanganan Virus Corona (Covid 19), seperti prndistribusian paket sembako, pembagian masker, handsanitizer dan penyemprotan disinfektan.

Selasa (28/04/20) misalnya, paket sembako kembali diberikan kepada warga melalui pemerintah desa Panundaan. Sementara Senin (27/04) bantuan serupa diberikan kepada warga dua desa, yaitu Desa Sugihmukti dan Desa Alamendah.

Perwakilan Ketua RW datang ke kantor desa Panundaan mengambil paket sembako  untuk dibagikan ke masing-masing warga  yang berhak menerima, Selasa (28/4)

Total paket sembako yang didistribusikan, menurut  HC, GA & Finance Manager PT. Geodipa Energi, Rita Purwita Ilhamisari mencapai 4.830 paket termasuk bagi warga Kabupaten Bandung lainnya dan telah dikirim melalui Pemerintah Kabupaten Bandung.

“Untuk Desa Sugihmukti dan Desa Alamendah sudah diberikan Senin,” kata didampingi Humas PT. Geo Dipa, Agung Maulana, saat memberikan bantuan paket sembako ke masyarakat Desa Panundaan, Selasa (28/4).

Rita melanjutkan bahwa paket sembako tersebut terdiri dari beras sebanyak lima kilogram, dua liter minyak goreng, lima bungkus mie instan dan satu kilogram tepung terigu. Program pembagian paket sembako, kata Rita, sudah berjalan selama lima tahun, namun pada tahun sebelumnya, paket sembako tersebut tidak dibagikan secara gratis tetapi masyarakat dapat memperoleh paket sembako dengan harga yang lebih murah.

“Akibat Pandemi Virus Corona (Covid 19) banyak warga yang terdampak, seperti tukang ojek, pedagang asongan yang biaya hidupnya tergantung dari pendapatan harian. Kami berharap paket sembako yang diberikan bisa membantu mengurangi beban masyarakat. Semoga bantuan paket sembako ini bisa diterima oleh masyarakat, tentunya dengan kondisi yang lancar dan kondusif, dan tepat sasaran,” sambung Rita.

Sementara itu, Kepala Desa Panundaan Irwan Darmawan, mengucapkan terima kasih atas bantuan paket sembako yang diberikan oleh PT. Geodipa Energi. Bantuan ini, kata Irwan akan diberikan kepada masyarakat yang terkena dampak Virus Corona (Covid 19).

“Kalau menurut saya, semua masyarakat terdampak, tetapi ada skala prioritas terkait masyarakat mana yang berhak mendapatkan bantuan. Kita selalu verifikasi dan validasi data,” ujar Irwan.

Bantuan untuk masyarakat yang terdampak Virus Corona (Covid 19) ini yang melalui Desa Panundaan  berasal dari beberapa sumber seperti dari Pemkab Bandung  dan PT Geo Diva Energi, oleh karenanya, Irwan sebagai kepala desa terus melakukan verifikasi data, supaya tidak ada masyarakat yang peneriman bantuan lebih, tetapi di sisi lain ada masyarakat yang tidak menerima bantuan.


Bhabinkamtibnas Desa Panundaan, Bripka Asep Kuswandi, menyarankan pelaksanaan pembagian sembako harus menerapkan SOP pencegahan Virus Corona, seperti menjaga jarak dan menggunakan masker.
“Saat ini, teknis pembagian bantuan tidak dilakukan dengan mengundang masyarakat, tetapi hanya mengundang perwakilan Ketua RW yang datang ke kantor desa,” tutur Asep.

Asep menjelaskan adanya satgas Covid ditingkat desa adalah untuk mendata masyarakat yang datang diluar daerah, selain tentunya melakukan pencegahan melalui pemberian himbauan dan penyemprotan disinfektan.

“Bagi pendatang harus lapor dan isolasi mandiri,”pungkas Asep.

Lily Setiadarma