Disnaker Kabupaten Bandung Gelar Pelatihan Tata Boga dan Komputer untuk Tingkatkan Potensi SDM

Abiyazid bustomi (tengah), peserta asal Desa Sugihmukti bersama rekannya saat mengikuti pelatihan servis komputer di Aula Kecamatan Pasirjambu, Rabu (3/11/2021).

WARTAPARAHYANGAN.COM

BANDUNG  – Dinas  Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bandung menyelenggarakan pelatihan teknik komputer dan tata  boga bagi warga pencari kerja di beberapa kecamatan. Di antaranya di Pasirjamni,  Kecamatan Soreang, dan Kecamatan Margaasih dan lainnya.

Kepala UPTD BLK Disnaker Kabupaten Bandung  Asep  Wahyu mengatakan, pelatihan tersebut untuk meningkatkan keahlian bagi para pencari kerja sesuai yang diusulkan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) di tingkat Kecamatan.

“Pelatihan ini sebagai program  Kabupaten Bandung untuk meningkatkan SDM agar memiliki potensi bekal keahlian sehingga bisa meningkatkan tarap kehidupan, ” ujar Asep Wahyu,  saat dihubungi melalui sambungan telpon selularnya, Rabu (3/11/2021).

Selain diberi keterampilan, peserta pun di beri uang saku Rp 50 ribu/ perhari selama 20 hari pelatihan.

Sementara menurut Instruktur Tataboga  sekaligus sebagai chef Cahdi,  mengatakan, pelatihan  tata boga bagi peserta langsung praktek memasak. Ia bagian instruktur untuk menangani 20 peserta pelatihan tata boga di Kecamatan Pasirjambu dua perwakilan dari masing-masing desa.

“Pelatihan tata boga memasak  ini inovasi dengan target peserta minimal bisa memasak untuk jualan,” kata Cahdi.

Ia berharap  dari  pelatihan bisa bermanfaat dan  berkah untuk keluarga  peserta dan untuk yang mendidiknya. Ujarnya

Abiyazid bustomi salah satu peserta pelatihan  Service komputer asal Desa Sugihmukti mengaku, sudah satu minggu belajar bongkar CPU Komputer sampai bisa menyala lagi.

“Di sini teori dengan praktek langsung, diipandu dari  Disnaker , Saya lulus SMA  tahun 2019, sedang kuliah  dan ikut pelatihan ingin buka service komputer, ” akunya Abiyazid.

Ia berharap kepada pemerintah Kabupaten Bandung melalui Disnaker agar banyak mengadakan pelatihan, karena pemuda membutuhkan ilmu dan  keterampilan l.

Sementara menurut peserta asal Desa Cisondari Saidah Sri Mulyani (21) mengaku senang bisa ikut pelatihan tataboga  yang di gelar  pihak disnaker ,  sebelumnya Saidah  dapat informasi dari aparat desa  bahwa di kecamatan Pasirjambu  ada program pelatihan tata boga dan Service Komputer .

Peserta asal desa Cisindari yang ikut pelatihan ada 4 orang diantaranya 2 perempuan untuk tata boga dan 2 orang ikut di service komputer , hingga saat ini sudah ikut pelatihan hampir satu minggu , adapun  materi yang diberika Instuktur yaitu pelajaran  teori dan praktek seperti belajar memasak, membuat kue dan lainnya

“Untuk pelajaran alhamdukilah cukup lancar peserta di ajarkan cara memasak, membuat kue dan berbagai jenis resep lainnya,” ujar Saidah.

Saidah punya harapan  kedepannya  ingin membuka warung  kuliner di tempat tinggalnya dan optimis  hasil ilmu yang didapatnya bisa  menghasilkan pendapatan dan bisa menabung.

Lily Setiadarma

 

SHARE THIS: