Didominasi oleh Camat, Pelamar Seleksi Terbuka Eselon II-b di Pemkab Sukabumi Membludak

WARTAPARAHYANGAN.COM

SUKABUMI  –  Sejak dibuka Pengumuman Seleksi Terbuka tanggal 20 Mei 2021 untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi secara terbuka, khususnya untuk 5 posisi eselon II-b, tercatat diakhir pendaptaran, Selasa (15/6) sebanyak 26 pejabat telah mendaftar dan menyerahkan berkasnya kepada Panitia Seleksi.  Dari sejumlah peserta seleksi, didominasi oleh camat dan mantan camat.

Diantaranya, untuk posisi jabatan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Ka-Diarpus), camat yang melamar adalah, Herri Sukarno, Sabar Suko, dan Anwari.  Untuk posisi Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Kadis Budpora) adalah, Budianto, Pendi Effendi, dan Tri Romadhono. Untuk posisi Kepala Dinas Kominfosan (Ka-DKIP) adalah Lina Evelin dan Eki Rediana.  Untuk posisi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) adalah, Wawan Godawan, Amir Hamzah, Yudi Mulyadi, dan Nunung Nurhayati. Untuk posisi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk & KB (Kadis PP&KB) camat yang melamar hanya Ali Iskandar.

          Sementara pejabat yang melamar untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda) setara eselon II-A, yang siap bersaing untuk merebut hati PPK – Pejabat Pembina Kepegawaian / Bupati adalah, Ade Suryaman, Ka-BKPSDM, Teja Sumirat, Kadis Sosial, Aisyah, Kadis P3A, Akhmad Riyadi, Staf Ahli Bupati, Harun Al-Rasyid, Kadis Kesehatan dan Adil Budiman, Kadis Lingkungan Hidup Kota Sukabumi.   

          Jumlah pejabat yang telah melamar mengikuti seleksi terbuka sebanyak 31 orang. Yaitu pejabat stara eselon II-b untuk posisi Sekretaris Daerah sebanyak 6 pejabat, dan pejabat setara Administrator eselon III sebanyak 25 orang.

Setelah ditutupnya Seleksi Terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi secara terbuka pada 15 Juni 2021 ini, maka mulai tanggal 16 – 18 Juni 2021 jajaran panitia seleksi akan menyeleksi kelengkapan administrasi peserta. Kemudian pada tanggal 23 Juni 2021 diumumkan hasil Seleksi Administrasi. Selanjutnya sampai tanggal 16 Juli 2021, panitia selksi akan menyelusuri rekam jejak peserta. 

           “Kalau melihat para pejabat yang mendaftar Seleksi Terbuka untuk 5 posisi eselon II-B, khususnya didominasi pelamar dari jabatan camat,  bisa diambil prediksi dan kesimpulan bahwa, jabatan yang dilelang itu akan menjadi milik camat. Karena beliau beliau yang melamar adalah para camat senior yang  integritas dan pengalaman kerjanya sudah teruji. “kata H. Dudung Abdullah, ketua LSM Kompak Sukabumi.

Selain untuk posisi Kalak BPBD yang jelas semua pelamarnya dari camat aktif tutur Dudung, untuk posisi jabatan lainnya pun camat-camat senior mendominasi. “Misalnya Herri Sukarno, dan Anwari untuk Diarpus, Budianto dan Tri Romadhono untuk Dis-Budpora, Ali Iskandar untuk DPP & KB, Termasuk Lina Evlin, dan Eki Rediana untuk kepala DKIP.  Kaitan calon Sekda, saya menjagokan pa Ade Suryaman yang akan dipilih menjadi Sekda oleh pak Bupati Sukabumi,“ pungkasnya.  

UJANG S. CHANDRA

SHARE THIS: