Poliklinik di RSUD Soreang Baru Terisi 38 Ruangan

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Oto Iskandar Dinata Soreang, Kabupaten Bandung, memiliki poliklinik dengan jumlah ruangan 54. Tapi yang terisi atau dipergunakan baru 38 ruangan.

Kepala Rawat Jalan RSUD Oto Iskandar Dinata Soreang, Dedi Sudirman, AMK, menyebutkan, dari total ruangan tersebut yang baru dipergunakan 38 ruangan.

“Rencananya nanti beberapa ruangan diefektifkan untuk poliklinik eksekutif,” kata Dedi saat ditemui di kantornya, Kamis (21/7/2022).

Salah seorang pasien asal Ciwidey, Lydia Sri Risdiana, saat menjalani pemeriksaan THT di RSUD Soreamg, Kamis (21/7/2022). Photo – Lee

Poliklinik tersebut, kata Dedi, antara lain didukung oleh 32 dokter spesialis, 22 perawat, dan 5 perawat gigi. “Pelayanan dokter di poli eksekutif semuanya dari dokter spesialis. Sedangkan waktunya bisa di jam kerja, bisa juga di luar jam poliklinik, ” katanya.

Dedi menambahkan, poliklinik yang ada di lantai 1 sebanyak 31 ruangan, termasuk untuk poli eksekutif. “Di sini ada dokter jantung, dokter bedah saraf, dokter bedah anak, dan dokter spesialis dalam. Sedangkan di lantai dasar, poliklinik biasa. Saat ini poliklinik menangani 450 pasien/hari,” ujarnya.

Kepala Rawat Jalan RSUD Soreang Dedi Sudirman AMK, didampingi humas Arip saat mengecek data di ruang kerjanya, Kamis ( 21/7/2022). Photo – Lee

Sementara itu, Ketua Tim Pencegahan Pengendalian Inveksi (PPI) RSUD Oto Iskandar Dinata Soreang, Warliah mengatakan, pihaknya memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga pasien. “Program ini biasanya dilakukan sebulan sekali,” imbuhnya.

Dalam program edukasi tersebut, tambah Warliah, disampaikan materi tentang kewaspadaan standar.

“Isu sekarang yang ramai COVID-19, jadi kami memberikan edukasi tentang protokol kesehatan. Di antaranya tentang kebersihan tangan, penggunaan masker atau APD, tentang batuk efektif, dan jaga jarak,” pungkasnya.

Lily Setiadarma