BAZNAS Cianjur Kembali Meraih Opini WTP Atas Laporan Keuangan Tahun 2021

Ketua BAZNAS Kabupaten Cianjur H. Tata, A.Pi., MM (kiri) saat menerima hasil audit KAP AR Utomo di Gedung BAZNAS setempat, belum lama ini.

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cianjur memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2021. Opini WTP ini merupakan yang kedua kalinya, setelah tahun sebelumnya BAZNAS Cianjur juga memperoleh opini serupa.

Opini WTP tersebut didasarkan atas hasil audit keuangan yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) AR Utomo yang sudah berlisensi dan independen. KAP AR Utomo sendiri memang ditunjuk oleh BAZNAS pusat untuk melakukan audit keuangan BAZNAS, termasuk BAZNAS daerah.

“Proses audit berlangsung selama kurang lebih dua bulan dari Juli hingga Agustus 2022, dimulai dari proses pelaporan, penyajian, presentasi, verifikasi berkas hingga penelusuran bukti terkait oleh tim auditor,” ujar Ketua BAZNAS Kabupaten Cianjur H. Tata, A.Pi., MM, di Gedung BAZNAS setempat, Kamis pekan lalu.

Ketua BAZNAS Kabupaten Cianjur H. Tata, A.Pi., MM, saat menyalurkan bantuan modal kepada pelaku UMKM Cianjur.

Hasil audit laporan keuangan BAZNAS Cianjur tahun 2021 tersebut, oleh KAP AR Utomo dinyatakan bahwa BAZNAS Cianjur meraih opini WTP. “Ini artinya BAZNAS Kabupaten Cianjur telah menyajikan laporan keuangan secara wajar dalam semua hal yang material sesuai dengan standar keuangan di Indonesia,” ujar Tata.

Raihan opini WTP tersebut, lanjut Tata, menunjukan akuntabilitas dan tanggung jawab Pimpinan BAZNAS Kabupaten Cianjur dalam keseluruhan pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS), serta Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) dilakukan secara transparan sesuai dengan standar akuntansi keuangan.

Warga sedang menerima bantuan Program Cianjur Peduli dari BAZNAS Cianjur.

Lebih dari itu, kata Tata, raihan opini WTP tersebut juga menunjukan berjalannya sistem pengendalian internal, pencegahan, penanggulangan kecurangan dan kepatuhan terhadap perundang-undangan.

Pada sisi lain, katanya lagi, hal itu akan meningkatkan keyakinan dan kepercayaan seluruh muzaki, donatur dan para stakeholder terkait lainnya terhadap pengelolaan keuangan di BAZNAS Cianjur.

Asep R. Rasyid