Bupati Bandung Buka Perkemahan Gema Tunas PKBM Jabar

Bupati Bandung Dadang Supriatna saat memberikan sambutan pada pembukaan Perkemahan Gema Tunas PKBM ke-2 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023 di Bumi Perkemahan Warnasari Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Bupati Bandung Dr. HM. Dadang Supriatna menyemangati para peserta saat membuka kegiatan Perkemahan Gema Tunas PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) ke-2 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023 di Bumi Perkemahan Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Sabtu (26/8/2023).

“Saya harap semua peserta Perkemahan Gema Tunas PKBM ini, jangan minder. Selama kita punya waktu dan kesempatan, usia tidak jadi masalah, yang paling penting punya cita-cita dan keinginan untuk terus melanjutkan pendidikan di PKBM, baik melalui Paket A, Paket B dan Paket C, bahkan melanjutkan ke perguruan tinggi,” kata Bupati.

Sebab, kata Dadang, dengan tingginya ilmu yang dimiliki maka dalam konteks meraih kesejahteraan akan jauh lebih mudah.

“Di Kabupaten Bandung ada target 50.000 peserta PKBM yang harus bisa diselesaikan. Maksud dan tujuannya adalah untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah dan pelaksanannya bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung secara online,” tuturnya.

Menurut Dadang, begitu selesai mendapatkan ijasah Paket A, Paket B dan Paket C, maka secara otomatis akan menambah rata-rata lama sekolah masyarakat Kabupaten Bandung.

Pada kesempatan itu, Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna, mengucapkan selamat datang kepada para peserta Perkemahan Gema Tunas PKBM ke-2 tingkat Provinsi Jabar. “Ini merupakan kebahagiaan tersendiri karena Kabupaten Bandung dijadikan lokasi kegiatan yang sangat positif ini,” katanya.

Melalui kegiatan tersebut, kata DS, diharapkan akan semakin mendorong pola pemberdayaan yang akan meningkatkan kepedulian dan partisipatif positif masyarakat terhadap dunia pendidikan.

“Hal itu pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkarakter, khususnya di Jawa Barat terutama di Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Kang DS juga berharap melalui kegiatan Gema Tunas PKBM itu akan mencetak kader-kader anak bangsa yang berkualitas dan berkarakter dan siap dimasa yang akan datang.

“Kalianlah yang akan menjadi pemimpin bangsa dan negara di masa yang akan datang. Jangan putus asa untuk terus melaju dan melangkah. Hari ini kita bisa memperbaiki diri, besok, lusa dan seterusnya, bahwa kita yang terdepan untuk mengawal mengamankan NKRI yang kita cintai ini,” kata Kang DS.

Ketua Forum PKBM Kabupaten Bandung, H. Furqon Nulhakim, S.Ag., M.Pd., sekaligus Ketua Pelaksana Gema Tunas Pramuka PKBM ke-2 tingkat Jawa Barat, saat memberikan laporan pada pembukaan Perkemahan Gema Tunas PKBM Jabar di Buper Wanasari Kecamatan, Pangalengan Kabupaten Bandung.

Sementara itu, Ketua Forum PKBM Kabupaten Bandung, H. Furqon Nulhakim, S.Ag., M.Pd., yang juga Ketua Pelaksana Gema Tunas Pramuka PKBM ke-2 tingkat Jawa Barat, menyebutkan, kegiatan tersebut diikuti sekitar 800 peserta yang berasal dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

“Kegiatan Gema Tunas Pramuka ini bertujuan untuk membentuk kepribadian yang luhur bagi peserta didik serta menjadi kader bangsa yang tangguh dan percaya diri,” kata Furqon.

Dengan mengusung tema berkarya, berbakti, peduli, untuk kemajuan bangsa, Perkemahan Gema Tunas PKBM ini didukung oleh 50 orang panitia, 27 pimpinan kontingen, 60 orang pembina dan pendamping, 54 orang pembina pembantu pendukung, 90 orang unsur pengurus PKBM dari 27 kabupaten/kota se-Jabar, 20 orang juri lomba, 20 orang saka bhayangkara, 20 saka wira kartika, 10 orang saka kencana.

“Jadi, jumlah total secara keseluruhan yang terlibat dalam kegiatan Perkemahan Gema Tunas PKBM ini sebanyak 1.151 orang,” pungkas Furqon.

Lily Setiadarma