Bertemu Ratusan Calhaj Kabupaten Bandung, Kang Ace Sebut Arab Saudi Sudah Putuskan Kuota Haji Indonesia 2024 Sebanyak 221.000 Orang

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily saat memberikan sambutan dalam kegiatan Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, di Grand Sunshine, Kabupaten Bandung, Jumat (22/9/2023).

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily menyebutkan Arab Saudi telah memutuskan kuota jemaah haji Indonesia untuk musim haji tahun 2024 sebanyak 221.000 orang.

Karena itu, Komisi VIII DPR RI akan segera membahas biaya penyelenggaraan ibadah haji bersama Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, maskapai penerbangan dan beberapa unsur penting lainnya dalam pelaksanaan ibadah haji.

Hal itu disampaikan Tubagus Ace Hasan Syadzily, yang biasa disapa Kang Ace, di hadapan ratusan calon jemaah haji (calhaj) Kabupaten Bandung yang mengikuti kegiatan Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, di Grand Sunshine, Kabupaten Bandung, Jumat (22/9/2023).

Kang Ace menyebutkan, salah satu peran DPR RI itu adalah memutuskan biaya haji atau Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

“Kami berkomitmen, mudah-mudahan, BPIH sudah diputuskan pada November 2023. Kenapa? Karena Arab Saudi sudah memutuskan kuota jamaah haji Indonesia tahun 2024 sebanyak 221.000 orang,” katanya.

Menurut anggota DPR RI dari Dapil Kabupaten Bandung dan Bandung Barat itu, Komisi VIII DPR RI pun akan mempercepat pembahasan biaya haji tahun 2024. Sebab, kata Kang Ace, kalau BPIH 2024 sudah diputuskan, maka para calon haji yang sudah terdaftar dapat segera mempersiapkan setoran pelunasan.

”Jadi, dengan dipercepatnya pembahasan biaya haji untuk musim haji tahun depan, nantinya akan memudahkan Bapak Ibu para calon haji untuk mempersiapkan pelunasan,” ujar Kang Ace.

Berkenaan dengan pelaksanaan ibadah haji 2023 kemarin, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat ini menyebutkan pihaknya telah berkirim surat kepada seluruh jamaah haji asal Kabupaten Bandung dan Bandung Barat untuk mendapatkan evaluasi dari perspektif jamaah langsung.

“Jamaah Kabupaten Bandung dan Bandung Barat umumnya menyatakan positif. Tetapi ada yang masih belum selesai yaitu soal air zamzam yang belum seluruhnya diterima jemaah,” kata Kang Ace.

Soal air zamzam ini, sambung Kang Ace, telah disampaikan kepada Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam kesempatan Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Agama di Gedung DPR RI, beberapa hari lalu.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bandung, Cece Hidayat mengatakan, kuota jamaah haji Kabupaten Bandung pada musim haji 2023 sebanyak 2.559 jamaah. Sedangkan waiting list-nya saat ini 22 tahun.

“Makanya daftar hajinya diusia muda. Apalagi sekarang ini ada program penyuluhan manasik haji sepanjang tahun,” katanya.

Asep R. Rasyid