Berkat tidak Adanya Semacam Restu Bupati, Open Bidding di Pemkab Sukabumi Dibanjiri Peminat

Peserta open bidding pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama saat mendaftar ke Sekretariat Seleksi di kompleks gedung BKPSDM Kabupaten Sukabumi.

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Sejak dibukanya pengumuman open bidding atau seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama setara eselon II-b di lingkungan Pemkab Sukabumi pada 19 Oktober 2023, ternyata dibanjiri peminat dan pelamar.

Sampai ditutupnya proses pendaftaran pada Kamis, 2 Nopember pukul 16.00 WIB tercatat pejabat Administrator eselon III yang mendaftar untuk 12 pos yang di-open bidding sebanyak 36 orang. Bahkan ada salah seorang pejabat Administrator dari luar Kabupaten Sukabumi ikut meramaikan seleksi terbuka tersebut.

Tingginya minat para pejabat Administrator untuk mengikuti seleksi terbuka, karena tidak adanya kabar “restu-merestui” kepada beberapa pejabat yang akan ikut seleksi dari Bupati atau Wakil Bupati Sukabumi. Bupati sebagai penentu akan memilih hasil seleksi sesuai dengan aturan. Atau istilahnya Bupati atau Wakil Bupati tidak akan cawe-cawe menentukan seorang pejabat untuk jabatan tertentu hasil seleksi sebelum dilaksanakan seleksi terbuka.

Seperti diketahui, beberapa waktu yang lalu, biasanya apabila akan ada seleksi terbuka untuk jabatan eselon II, para pejabat Administrator yang akan mengikuti seleksi kerap mendatangi Bupati atau Wakil Bupati untuk ngadeuheus minta restu dukungan agar nantinya bisa dipilih oleh Bupati, sehingga berdampak pada pelaksanaan seleksi terbuka yang kurang diminati. Karena hasil akhirnya telah diketahui umum.

“Tapi untuk seleksi terbuka saat ini masih ada saja beberapa pejabat Administrator yang minta restu dukungan kepada Pak Bupati dan Wakil Bupati. Namun Pak Bupati menjawabnya, silahkan saja mengikuti seleksi sesuai dengan aturan main. Tidak ada istilah diplot si anu akan jadi kepala dinas. Silahkan berkompetisi sesuai aturan,“ kata H. Dudung Abdullah, ketua LSM Kompak Sukabumi, menyampaikan kembali ucapan Bupati Sukabumi.

Pantauan Wartaparahyangan.com di Sekretariat Seleksi Terbuka, kompleks gedung BKPSDM Kabupaten Sukabumi, tampak para pelamar didominasi oleh pejabat Administrator yang pernah mengikuti seleksi tahun sebelumnya. Bahkan pernah mengikuti dua kali seleksi.

Karena dibutuhkan yang mengikuti seleksi itu minimal 4 orang untuk setiap SKPD yang di Selterkan, atau 48 orang, sementara yang melamar hanya 41 pejabat, untuk itu ada beberapa pejabat Administrator yang daftar melamar di 2 SKPD yang berbeda.

Untuk selanjutnya para peserta yang telah mendaftar sesuai dengan Surat Edaran Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama setara eselon II-b di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi tahun 2023, Nomor : 800.1.2.6/03/Pansel/2023, akan mengikuti tahapan seleksi dengan jadwalnya sebagai berikut:

Ujang S. Chandra