Dusun Stroberi dan Kolam Renang Air Panas Walini, Dua Tempat Wisata yang Nyaman dan Aman untuk Menikmati Libur Nataru

Sejumlah pengunjung saat berenang di objek wisata Pemandian Air Panas Walini, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Foto Lily Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Di wilayah Kabupaten Bandung, terutama Bandung selatan, banyak obyek wisata unggulan yang dapat dinikmati saat mengisi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini. Antara lain obyek wisata kolam renang air panas Walini dan Dusun Stroberi.

Dua tempat wisata yang berlokasi di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung itu sangat cocok untuk wisata keluarga. Selain karena udaranya yang sejuk dengan panorama alam yang indah, juga keamanannya terjamin, sehingga wisatawan merasa nyaman menikmati liburannya.

Apalagi memang dihari libur Nataru ini, Pengelola Objek Wisata Air Panas Walini dan Dusun Stroberi meningkatkan keamanan dan kenyamanannya bagi wisawatan yang mengunjungi objek wisata tersebut.

“Pengunjung tidak perlu khawatir, kami berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI siap menjaga keamanan di lokasi wisata,” kata Pengelola Wisata Walini, H. Uus Suryana, kepada Wartaparahyangan.com di Rancabali, Minggu (24/12/2023).

Bahkan, kata Uus Suryana, bukan hanya menghadapi liburan Nataru saja pengamanan itu ditingkatkan, tapi memang pihaknya selalu siaga dalam menjaga keamanan demi kenyamanan dan ketentraman para wisatawan yang berkunjung ke sana.

“Jadi bukan hanya ketika libur Nataru saja, hari-hari biasa atau hari libur biasa pun kami selalu siaga dalam menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung,” katanya.

Menariknya lagi, objek wisata Walini tersebut merupakan milik PTPN VIII Rancabali yang terkenal kaya akan panorama dan pemandangan hamparan kebun teh yang indah nan mempesona dengan udara yang sejuk alami. Tak heran kalau Walini sering dijadikan tempat favorit oleh para wisatawan yang berlibur di Bandung selatan.

Terutama Walini ini kaya akan sumber air panas alaminya. Misalnya air panas di kolam yang ada obyek wisata Walini itu bersumber dari air panas belerang Gunung Patuha yang ditampung dan diolah melalui penyaringan, serta pengurasan pada kolam secara teratur supaya kualitas air panas tetap alami, tetap bening, bersih, dan aman bagi kesehatan.

Selain kolam pemandian air panas, obyek wisata Walini juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti area parkir yang cukup luas, mushola, tempat bermain anak, kamar rendam, toilet, tempat bilas, dan tempat istirahat/penginapan dengan harga yang sangat terjangkau.

Di tempat wisata itu pun tersedia arena bermain anak seperti ATV, Go Car, dan Flying Fox, yang secara tidak langsung dapat melatih keterampilan serta kepuasan anak-anak saat bermain di wahana tersebut.

“Kami juga menyediakan kantin dan kios oleh-oleh khas makanan atau cemilan dari Ciwidey Rancabali,” ujar Uus Suryana.

Dusun Stroberi dengan deretan penginapan artistik, pasti nyaman untuk dikunjungi. Foto – Lily Setiadarma

Berlibur Sambil Petik Stroberi

Selain Wisata Air Panas Walini, pengunjung juga bisa datang langsung ke Dusun Stroberi yang lokasinya berdampingan dengan Objek Wisata Walini, untuk menikmati buah stroberi langsung dari pohonnya hasil memetik sendiri, dan ini mungkin akan menjadi sensasi yang baru bagi pengunjung.

Dusun Stroberi ini, bagi warga Kabupaten Bandung, mungkin sudah tidak asing lagi. Tetapi bagi pengunjung yang datang dari luar kota dan masih bingung mau berwisata ke mana, maka Dusun Stroberi bisa menjadi tujuan yang tepat, karena di sini pun banyak tersedia berbagai wahana.

“Selain kebun stroberi yang buahnya bisa kita panen sendiri, di Dusun Stroberi juga disediakan tempat penginapan yang berada di sekitar hamparan tanaman stroberi, sehingga saat kita menginap di sana kita bisa merasakan nuansa baru dalam menikmati masa liburan,” kata Uus.

Lily Setiadarma