Membantu Pemerintah dalam Memenuhi Kebutuhan Masyarakat, Bupati Sukabumi Apresiasi Pembangunan Perumahan Pesona Cigunung

Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat melaksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Perumahan Pesona Cigunung 2 Sukaresmi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin (15/1/2024).

WartaParahyangan.com

SUKABUMI – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami melaksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Perumahan Pesona Cigunung 2 Sukaresmi, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin (15/1/2024).

Pembangunan tahap dua itu dilakukan di area seluas sekitar dua hektare. Di situ akan dibangun sekitar 189 unit rumah.

Dalam sambutannya, Bupati Sukabumi mengungkapkan rasa syukur dengan adanya pembangunan perumahan tersebut. Karena hal itu membantu pemerintah dalam pemenuhan infrastruktur, khususnya di bidang rumah.

“Bantuan pihak ketiga untuk melengkapi infrastruktur ini sangat diperlukan. Terutama dalam hal rumah yang masih dibutuhkan masyarakat. Apalagi fasilitas infrastruktur untuk masyarakat yang disediakan PT Bina Maint ini sangat luar biasa. Ini terlihat dari rumah yang telah terbangun di tahap pertama,” kata Marwan.

Namun begitu, Bupati berpesan agar pihak pengembang menyediakan sumur resapan, dan ini bisa dilakukan dengan menyediakan ruang terbuka hijau yang benar-benar ditanami pohon atau tumbuhan.

“Setiap pemilik rumah pun, saya berpesan agar tamannya tetap menjadi taman. Bila perlu ditanami pohon. Itu bisa sebagai peneduh dan untuk membantu peresapan air. Jangan lupa juga pakai septic tank komunal,” ungkapnya.

Manager Perumahan Pesona Cigunung, Maman Suherman mengatakan, pembangunan perumahan ini merupakan lanjutan dari tahap pertama yang dibangun di atas lahan seluas 9.000 m2.

“Tahap pertama kita membangun rumah subsidi dan beberapa komersil. Alhamdulillah responnya bagus dan sebagian besar terjual, sampai dikembangkan ke tahap kedua ini,” ujarnya.

Di tahap kedua pun, kata Maman, masih didominasi rumah subsidi. Meskipun begitu, bangunannya serasa komersil. Sebab, setiap pembangunan selalu mengacu kepada tim ahli dan dinas terkait.

“Alhamdulillah, kami juga selalu dibimbing dinas terkait, sehingga rumah-rumah yang dibangun nyaman, aman, dan asri,” ujar Maman seraya menambahkan, 10 persen dari lahan perumahan itu dijadikan ruang terbuka hijau.

Ujang S. Chandra