Bank Sampah BSI, Percontohan Bank Sampah di Desa Sugihmukti

Sampah yang disetorkan warga sedang dipilah-pilah oleh pengelola Bank Sampah BSI, RW 03, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Bank Sampah BSI (Bersih, Sehat dan Indah) RW 03, Kampung Sukajadi, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, menjadi percontohan bank sampah di desa tersebut. Bahkan mungkin nantinya bisa menjadi percontohan bank sampah bagi desa-desa lain.

Menurut Kepala Desa (Kades) Sugihmukti, H. Ruswan Bukhori, Bank Sampah BSI yang mengusung moto “Sayangi Desa Kita, Pelihara Kampung Kita” itu, berusaha memanfaatkan sampah dari rumah tangga sehingga bernilai ekonomis, baik bagi warga maupun bagi pengelola bank sampah.

“Bank sampah yang ada di RW 03 itu merupakan salah satu inovasi yang muncul dari masyarakat yang peduli lingkungan. Ini sejalan dengan salah satu misi Pemerintah Desa Sugihmukti, yakni bagaimana sampah itu bisa diolah sehingga ada nilai ekonomisnya,” ujar Ruswan kepada Wartaparahtangan.com ketika ditemui di kantornya, Rabu (24/1/2023).

Cator bantuan dari DLH Kabupaten Bandung.

Bahkan, kata Ruswan, keberadaan Bank Sampah BSI sejalan pula dengan program Bupati Bandung Dadang Supriatna yang meluncurkan Kampung Bedas, yang salah satu komponennya adalah bebas dari sampah. “Jadi ketika ada bank sampah ini, Kampung Bedas pun ada,” katanya.

Ruswan mengakui, pengelolaan sampah di Bank Sampah BSI yang sudah berjalan selama dua tahun ini tak lepas dari dukungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, perusahaan energi PT Geo Dipa Energi Unit Patuha, dan pegiat lingkungan seperti kelompok Waluri.

“Ibu Dila dari PT Geo Dipa Energi cukup intensif membimbing warga dalam memanfaatkan sampah melalui Bank Sampah BSI. Sedangkan DLH Kabupaten Bandung memberikan bantuan kendaraan Cator (Beca Motor) untuk mengangkut sampah. Ada pun dari kelompok Waluri, dari Pak Apri, para pengelola bank sampah mendapat pembelajaran tenang lingkungan yang sehat dan bersih,” tutur Kades.

Kades Sugihmukti H. Ruswan Bukhori.

Ruswan juga menyebutkan, tujuan lain yang juga penting dari adanya Bank Sampah BSI ini adalah mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, sehingga terjaga lingkungan yang bersih dan sehat.

“Bang Sampah BSI ini nantinya akan kami kembangkan di RW-RW lainnya di Desa Sugihmukti,” kata Kades Sugihmukti seraya mengucapkan terima kasih kepada PT Geo Dipa Energi yang banyak membantu membimbing pengelolaan bank sampah tersebut.

Lily Setiadarma