Program PTSL 2024, Kantor ATR/BPN Kabupaten Bandung Targetkan 70.000 Bidang Tanah

Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Bandung Rahmat saat melantik dan mengambil sumpah Panitia Ajudikasi dan Satuan Tugas PTSL di Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung, di Soreang, Kamis (1/2/2024).

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Bandung tahun 2024 ini mentargetkan 70.000 bidang tanah di 55 desa dari 17 kecamatan di Kabupaten Bandung dapat disertifikatkan melalu program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hal itu disampaikan Kepala Kantor (ATR/BPN) Kabupaten Bandung, Rahmat A, pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitia Ajudikasi dan Satuan Tugas PTSL di Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung, di Soreang, Kamis (1/2/2024).

“Ini luar biasa untuk menunjang pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bandung, sehingga Pak Camat, Pak Lurah dan Pak Kepala Desa yang dilantik sebagai panitia PTSL diharapkan bisa menyukseskannya,” kata Rahmat.

Menurut Rahmat, ini bukan pekerjaan kecil. “Kita datang, kita biayai, kita angkat sertifikatnya,” kata Rahmat.

Dia juga menyebutkan bahwa Menteri ATR/BPN telah berpesan supaya memberikan pelayanan yang baik kepada warga melalui pemerintah daerah dan desa. “Tetapi kita tidak bisa memberikan kepastian hak kepada masyarakat kalau tanahnya tidak clear and clean,” katanya.

Karena itu, pihaknya berharap para camat, kapala desa dan lurah yang warganya menerima program PTSL agar dipermudah, kalau memang mereka pemilik bidang tanah yang akan disertifikatkan itu, yang dibuktikan dengan adanya surat bukti kepemilikan tanahnya.

“Kalau mereka tidak bisa atau belum melengkapi surat-surat kepemilikan tanahnya, tolong dampingi mereka. Kita punya kewenangan untuk membantu mereka,” ujarnya.

Rahmat juga berharap kepada para ketua tim agar bisa bekerja keras. “ASN jaman sekarang tidak lagi seperti dulu, kita harus hadir di tengah masyarakat memberikan layanan terbaik, ” kata Rahmat.

Lily Setiadarma