Peringati Hardiknas dan Otda, Bupati Bandung Tekankan Pentingnya SDM Berkualitas untuk Mencerdaskan Anak Bangsa

Bupati Bandung Dadang Supriatna saat memimpin upacara peringatan Hardiknas di Lapangan Upakarti Komplek Pemkab Bandung, Kamis (2/5/2024). Foto Lily Setiadarma

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Hari Otonomi Daerah ke-28 dan Hari Buruh Internasional di Lapangan Upakarti Komplek Pemkab Bandung, Kamis (2/5/2024).

Dalam kegiatan yang antara lain dihadiri para pejabat Forkopimda, camat, kepala dinas, perwakilan kepala sekolah, dan pimpinan BUMD itu, Bupati menyampaikan pesan penting mengenai peran pemimpin dalam gerakan Merdeka Belajar yang semakin menguat.

Dadang menggarisbawahi tantangan dan peluang dalam memajukan pendidikan Indonesia serta kompleksitas dalam mengubah perspektif terhadap proses pembelajaran.

Ia juga menekankan pentingnya perubahan yang merata dan berkelanjutan dalam dunia pendidikan.

“Saya mengapresiasi para mahasiswa yang siap berkontribusi dalam menciptakan karya, dengan pengakuan bahwa pembelajaran tidak lagi terbatas di kampus. Seniman dan pelaku budaya pun didorong untuk terus berkarya dan berekspresi,” kata Dadang seraya menekankan pentingnya SDM yang berkualitas dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.

Pada kesempatan itu Dadang juga menjelaskan bahwa Kabupaten Bandung telah menerapkan Merdeka Belajar melalui berbagai program, seperti BESTI, muatan lokal, pendidikan Pancasila, pendidikan budaya Sunda, dan mengaji menghapal Al-Quran, serta memberikan beasiswa kepada ASN yang ingin melanjutkan studi S2 dan dokter yang ingin menjadi dokter spesialis.

Selain itu, program Besti juga diberikan kepada anak-anak yang mengikuti MTQ tanpa tes. Hal ini menunjukkan komitmen Kabupaten Bandung dalam mempersiapkan masyarakat dan meningkatkan SDM yang profesional.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Dr. H. Agus Firman Zaini, M.Si., menyatakan komitmennya untuk melanjutkan perjuangan dalam mewujudkan visi Merdeka Belajar.

Ia menyoroti pentingnya kerja sama dan kesinambungan dalam menerapkan perubahan yang diinginkan, menuju cita-cita pembangunan sekolah yang lebih baik.

Sementara itu, Kabid PNF Disdik Kabupaten Bandung, Agus Darajat, S.Pd., berharap pendidikan di Kabupaten Bandung terus maju dan meningkat, baik dalam angka partisipasi kasar maupun rata-lama sekolah.

“Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bandung,” katanya.

Hal senada disampaikan Kasi Sapras SD Disdik Kabupaten Bandung, H. Setiawan, S.Pd., M.Pd., yang berharap agar ada peningkatan di segala bidang, termasuk peningkatan kesejahteraan guru, peningkatan pelayanan, mencetak generasi emas di 2045, serta peningkatan bantuan dan pelayanan khususnya di bidang sarana dan prasarana SD.

Dalam peringatan Hardiknas tersebut juga diserahkan sejumlah piagam penghargaan oleh Bupati Bandung kepada para pendidik yang berprestasi.

Lily Setiadarma