Kuota Siswa Baru 352 Orang, SMPN 1 Pasirjambu Laksanakan PPDB Jalur Zonasi

Ketua Panitia PPDB SMPN 1 Pasirjambu, Yadi Supriadi (batik merah) bersama panitia lainnya saat memeriksa berkas para calon siswa di salah satu ruangan di SMPN setempat, Kamis (27/6/2024). Foto Lily Setiadarma

Wartaparahyangan.com

BANDUNG – Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 di SMP Negeri 1 Pasirjambu, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, secara daring untuk jalur zonasi dimulai sejak 24 Juni hingga 29 Juni 2024.

Kepala SMPN 1 Pasirjambu, Kartika Prapti Diah Handayani, S.Pd., M.Pd., mengatakan para calon siswa didaftarkan secara daring oleh operator sekolahnya masing-masing, kemudian berkasnya diverifikasi secara manual oleh Panitia PPDB SMPN 1 Pasirjambu.

Menurut Kartika, persyaratan dan prosedur penerimaan siswa baru tahun ini tetap seperti biasa dan masih melalui 4 jalur pendaftaran yakni jalur afirmasi, jalur zonasi, jalur perpindahan tugas orang tua/wali dan jalur prestasi.

“Seluruh tahapan pelaksanaan PPDB termasuk pemberkasan, pendaftaran siswa, verifikasi, dan seleksi siswa akan dimulai kembali dari awal sesuai jadwal yang sudah diperbarui,” kata Kartika kepada Wartaparahyangan.com saat ditemui di kantornya, Kamis (27/6/2024.

Kartika mengakui adanya kesulitan pada pelaksanaan hari pertama PPDB. “Biasanya server selalu ada kendala. Jadi, hari pertama ada beberapa jeda, tidak bisa login, itu saja,” ujarnya.

Ketua Panitia PPDB SMPN 1 Pasirjambu, Yadi Supriadi, S.Pd., menambahkan bahwa pelaksanaan PPDB di SMPN 1 Pasirjambu dilakukan secara daring, dimana operator SD mengirimkan data ke operator SMP.

“Bagi yang dari kabupaten lain, bisa langsung daftar ke SMP Pasirjambu,” katanya.

Yadi menyebutkan, kuota untuk SMP Pasirjambu adalah 11 kelas dengan masing-masing kelas diisi oleh 32 siswa, sehingga totalnya adalah 352 siswa.

“Hingga hari keempat ini, calon siswa yang sudah mendaftar berjumlah 173 orang, masing-masing daftar secara daring 169 orang, dan secara luring sebanyak 4 orang, yang berasal dari luar Kabupaten Bandung. Sejauh ini alhamdulillah tidak ada kendala, sehingga insya Allah sampai akhir semuanya lancar,” jelas Yadi.

Ia berpesan kepada pendaftar yang melebihi kuota di SMP Pasirjambu agar tidak berkecil hati. “Masih banyak sekolah swasta yang menjadi pilihan,” katanya.

Sementara itu, Operator PPDB, Beni Murdani, S.Pd., menjelaskan bahwa PPDB dari SMP ke SMA maupun dari SD ke SMP berjalan kondusif.

Kepala SMPN 1 Pasirjambu, Hj. Kartika Prapti Diah Handayani (tengah) saat memantau di bagian pemberkasan PPDB Tahun 2024/2025 di sekolah tersebut. Foto Lily Setiadarma

“Untuk dari SMP ke SMA, kita dibantu fasilitasi oleh 5 orang operator. Dan untuk dari SD ke SMP, dikomunikasikan oleh 1 operator saja. Karena proses dari SD ke SMP di-entry data melalui operator SD. Jadi kita hanya memverifikasi data,” jelasnya.

Menurut Beni, akses jaringan internet kali ini lancar karena menggunakan bandwidth yang cukup besar.

“Tidak ada kendala yang berarti. Dari operator sendiri, untuk ke depannya lebih ditingkatkan lagi, khususnya web servernya,” tambah Beni.

Salah seorang warga Desa Mekarmaju, Yani Maryani (43), mengatakan anaknya dari SDN Mekarmaju, didaftarkan ke SMP Pasirjambu. “Saya percaya SMP ini dari dulu yang terbaik, dari anak pertama sampai sekarang sekolah di SMPN 1 Pasirjambu,” katanya.

Tampak memang pelaksanaan PPDB di SMP Negeri 1 Pasirjambu menunjukkan kesiapan dan dedikasi tinggi dari seluruh pihak yang terlibat. Mereka ingin memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Pasirjambu dan sekitarnya.

Lily Setiadarma