Buka MPLS di SMP 1 Katapang, Kang DS Ajak Semua Pihak Ciptakan Lingkungan Belajar Inspiratif untuk Mendukung Perkembangan Potensi Siswa

Bupati Bandung Dadang Supriatna saat membuka MPLS di SMPN 1 Katapang, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, Senin (15/7/2024).

WartaParahtangan.com

BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna berharap Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pelajaran 2024/2025 di SMPN 1 Katapang dan di SMP lainnya di Kabupaten Bandung tidak sekedar seremonial saja, tapi juga menjadi awal perjalanan panjang para untuk menimba ilmu dan mengembangkan potensi.

Hal itu disampaikan Bupati Bandung saat menjadi pembina upacara sekaligus membuka MPLS di SMPN 1 Katapang, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, Senin (15/7/2024) pagi.

Hadir mendampingi Bupati, yakni Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bandung Ruli Hadiana, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Agus Firman, Camat Katapang Rahmat Hidayat dan jajaran Forkopimcam Katapang, serta kepala sekolah dan segenap guru SMPN 1 Katapang.

Kang DS, sapaan Dadang Supriatna, mengatakan MPLS merupakan momen yang penting dalam kehidupan para siswa. Karena di situlah mereka diperkenalkan dengan lingkungan sekolah baru, dan nilai-nilai kebersamaan, kejujuran, disiplin dan semangat yang tinggi untuk belajar.

“Saya harap anak-anak menjadi siswa yang pintar, cerdas dan berakhlak mulia,” katanya.

Menurut Kang DS, lingkungan sekolah bukan hanya tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan akademis, tapi juga wadah untuk mengembangkan potensi diri dan membentuk karakter yang kuat.

“Di tengah dinamika perubahan zaman dan tantangan yang semakin komplek, kalian adalah generasi yang memiliki tanggung jawab besar untuk mempersiapkan masa depan bangsa ini,” ujar Kang DS.

Edukasi yang diterima para siswa di sekolah, lanjut Kang DS, bukan beban akan tapi bekal berharga untuk menghadapi dunia yang semakin kompetitif.

“Oleh karena itu, manfaatkanlah setiap kesempatan yang ada di sekolah ini dengan baik. Jadikan setiap pengalaman menjadi pembelajaran berharga yang akan membantu kalian tumbuh dan berkembang sebagai individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan bernegara,” harapnya.

Kang DS juga mengingatkan kepada para siswa untuk patuh terhadap orang tua dan guru, serta daling mengingatkan kepada kawan baik di sekolah maupun di rumah terkait hal-hal yang bersifat membahayakan atau merugikan, seperti kenakalan remaja, bullying, kriminalitas ataupun yang lainnya.

“Kalian bisa bercita-cita setinggi mungkin, insya Allah dengan giat belajar, disiplin dan berbakti kepada orang tua, juga guru, cita-cita kalian akan tercapai,” katanya.

Tak lupa, Bupati juga mengajak kepada para siswa dan tenaga pendidik untuk turut aktif dalam pembangunan pemerintah daerah guna mewujudkan Kabupaten Bandung yang semakin Bangkit, Edukatif, Dinamis, Agamis dan Sejahtera (BEDAS).

“Jadikan SMPN 1 Katapang dan SMP lainnya menjadi tempat yang aman, nyaman dan penuh semangat kekeluargaan. Mari kita berkolaborasi untuk mencapai prestasi gemilang dalam segala bidang,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Kang DS juga menekankan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung untuk terus melakukan evaluasi terhadap seluruh siswa yang saat ini sudah mengikuti program MPLS.

“Kami minta laporannya secara lengkap se-Kabupaten Bandung untuk mengharapkan langkah-langkah selanjutnya,” tuturnya.

Bupati pun berharap kegiatan-kegiatan sekolah harus betul-betul terukur. Kegiatan belajar mengajar juga harus betul-betul berkualitas, tentunya dimulai dari guru sebagai pengajar yang harus siap menyampaikan materi-materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi kekinian.

“Saya menekankan dalam rangka membentuk karakter anak-anak kita, dalami Pancasila berikut butir-butir Pancasila,” harapnya.

Lily Setiadarma