Pelaksanaan GPTPN IX Tahun 2024 Sangat Bermanfaat untuk Mengembangkan Sektor Pertanian di Kabupaten Bandung

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan para stakeholder yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Bandung sebagai tuan rumah Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Nasional (GPTPN) IX Tahun 2024.

Hal itu disampaikan itu Bupati Bandung Dadang Supriatna yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Assekbang) Kabupaten Bandung Kawaludin pada penutupan GPTPN, di Gedong Budaya Soreang, Senin (29/7/2024).

“Pemkab Bandung melibatkan hampir semua Organisasi Perangkat Daerah untuk kesuksesan GPTPN dengan dukungan dan arahan penuh Pak Bupati Bandung. Termasuk anggaran untuk penyiapan sarana dan prasarana, penyelenggaraan dan suportingnya, yang telah dilaksanakan secara maksimal oleh semua pihak,” kata Kawaludin.

Ia mengungkapkan manfaat dari pelaksanaan GPTPN tersebut, di antaranya menumbuhkan perekonomian dan pariwisata, meningkatkan pengetahuan teknologi perbenihan untuk kemajuan pertanian Kabupaten Bandung dan Nasional.

Salah satunya demplot pembenihan. Diharapkan bekas demplot perbenihan ini dikembangkan lebih lanjut untuk dipertahankan jadi penangkaran perbenihan tanaman pangan, sekaligus area wisata agro Kabupaten Bandung. “Ini tentunya perlu dukungan juga dari Kementerian Pertanian dan Pemerintah Provinsi Jabar,” harapnya.

Kawaludin juga berharap ke depannya swasembada pangan dapat tercapai dan lebih jauh dengan potensi yang lebih baik dari negara lain.

“Melihat dari kesuburan tanah, luasnya lahan pertanian, potensi air, potensi sinaran matahari, potensi sumber daya manusia, tidak mustahil negara Indonesia menjadi eksportir produk pertanian,” ujarnya.

Lily Setiadarma