Penanganan Pasca Gempa, BNPB Berikan Bantuan Mobil Dapur kepada Pemkab Bandung

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menerima bantuan mobil dapur lapangan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (4/10/2024) malam. Bantuan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada warga terdampak gempa bumi.

Atas bantuan itu, Pjs. Bupati Bandung Dikky Achmad Sidik melalui Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama mengucapkan terima kasih kepada BNPB yang sudah peduli dan memberikan bantuan hibah berupa satu unit mobil dapur lapangan.

“Mobil dapur lapangan ini akan digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam upaya pemulihan kebencanaan di Kabupaten Bandung,” ujar Uka Suska.

Ia menyebut mobil dapur lapangan itu sangat dibutuhkan Pemkab Bandung untuk penanganan kebencanaan disaat kondisi darurat. Karena sebelumnya, Pemkab Bandung tidak memiliki mobil dapur lapangan.

“Tentunya dengan kepemilikan mobil dapur lapangan ini menjadi salah satu aset Pemkab Bandung yang bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan keberadaan mobil dapur lapangan ini sangat relevan dengan kondisi wilayah yang rawan dilanda bencana alam baik gempa bumi, banjir, angin kencang maupun longsor.

“Disaat status tanggap darurat diberlakukan pemerintah, mobil dapur lapangan ini bisa dimanfaatkan pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam penyediaan logistik seperti makanan,” kata Uka Suska.

Tapi tentunya, tambah Uka Suska, yang lebih penting bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bandung adalah tidak terjadi lagi bencana alam.

Lily Setiadarma