Hadiri Penanaman 6.000 Pohon Produktif, Sekda Kabupaten Sukabumi: Ini Upaya Kita Merawat Bumi

wartaparahyangan.com

SUKABUMI – Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H. Ade Suryaman menghadiri acara penanaman 6.000 pohon produktif di Buni Ayu Cave, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (19/10/2024).

Penanaman pohon yang diinisiasi Forum Urang Sukabumi itu tersebar di beberapa wilayah seperti Buni Ayu, Kodim 0607, Selabintana, Wangun, serta kelompok tani di wilayah Pabuaran.

Sekda Ade Suryaman mengatakan, gerakan penanaman pohon ini sebagai bentuk upaya bersama merawat bumi dan menghijaukan alam. Jenis pohon yang dipilih pun memberikan daya dorong terhadap pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan hasil alam secara berkelanjutan.

“Karena itu, penanaman tanaman produktif menjadi sangat penting untuk menjamin kesejahteraan dan keberlanjutan hidup masyarakat,” terangnya.

Penanaman pohon produktif, lanjut Sekda, dapat mendukung ketahanan pangan dan ekonomi lokal berkelanjutan, sehingga penanaman tersebut dinilai memiliki banyak manfaat bagi lingkungan dan ekonomi masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengapresiasi dukungan dari semua pihak dengan terlaksananya kegiatan penanaman pohon ini. Semoga upaya kecil kita dapat bermanfaat besar bagi alam dan masyarakat di Kabupaten Sukabumi,” harapnya.

Sebelumnya Panitia Penyelenggara Fokus Peduli 2024, Meilina Sukmarini menjelaskan, kegiatan tersebut selain untuk penghijauan lingkungan diharapkan dapat berdampak terhadap nilai ekonomi masyarakat.

“Pohon-pohon buah yang ditanam ini diharapkan bisa memberikan hasil yang lebih bermanfaat bagi masyarakat sekitar untuk mendukung ketahanan pangan serta membantu memperkuat ekonomi lokal secara berkelanjutan,” ujar Meilina.

Ujang S. Chandra

Leave a Reply