Perumda Tirta Raharja Kirim Bantuan Air Bersih untuk Warga Terdampak Gempa Bumi Cianjur

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Gempa bumi tektonik yang melanda Kabupaten Cianjur Senin (21/11/2022) siang lalu, bukan saja mengakibatkan ratusan korban jiwa dan puluhan ribu rumah penduduk roboh dan hancur, tapi juga mengakibatkan rusaknya infrastruktur.

Termasuk jaringan pipa induk milik Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, mengalami kerusakan yang luar biasa. Apalagi memang episentrum gempa berkekuatan 5,6 SR itu berada di wilayan Kecamatan Cugenang, Cianjur, dan sumber air utama yang dimanfaat Perumdam Cianjur juga berada di wilayah kecamatan tersebut, yakni Cirumput dan Cilembang.

Dua sumber air utama tersebut selama ini didistribusikan kepada para pelanggan yang berada di wilayah kota Cianjur (Kecamatan Cianjur) dan beberapa kecamatan di sekitarnya. Karena itu, ketika jaringan pipa induk dari dua sumber air itu banyak yang terputus akibat gempa bumi tersebut, maka distribusi air ledeng ke pelanggan pun tidak mengalir.

Kondisi yang dialami Perumdam Cianjur tersebut mendapat respon yang cepat dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung, yakni dengan mengirimkan bantuan air bersih untuk warga terdampak gempa bumi.

Bantuan air bersih yang dikirimkan Perumda Tirta Raharja sejak hari pertama pasca gempa itu, dalam pendistribusiannya tidak hanya kepada para pelanggan, tapi juga masyarakat Cianjur lainnya yang terdampak gempa bumi, yang berada di tenda-tenda pengungsian, dan sangat membutuhkan air bersih.

“Kami mengirimkan bantuan air bersih untuk warga terdampak di Cianjur sehari 3 tanki, mulai tanggal 21 hingga 27 November,” ujar Manajer Junior Hukum, Humas dan Kesekretariatan Perumda Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung, Astria Wulantirta, SH.

Mudah-mudahan, lanjut Astria, bantuan air bersih tersebut bermanfaat bagi para korban bencana gempa bumi Cianjur.

“Mari kita memohon do’a kepada Allah SWT semoga saudara-saudara kita yang terdampak gempa bumi diberi ketabahan dan kekuatan, serta Cianjur dapat segera bangkit kembali,” ujarnya.

Lily Setiadarma