MKKS Kabupaten Tasikmalaya Peduli Guru Terdampak Gempa, Serahkan Donasi Rp40.404.000 kepada MKKS SMK Cianjur

Pengurus MKKS SMK Kabupaten Tasikmalaya saat menyerahkan donasi bagi guru terdampak gempa bumi, yang diterima pengurus MKKS SMK Kabupaten Cianjur di Posko SMK Assuyutiah, Rancagoong, Kecamatan Cilaku, Cianjur, Kamis (08/12/2022).

WartaParahyangan.com

CIANJUR – Gempa bumi yang melanda Cianjur dua pekan lalu, bukan saja mengakibatkan korban jiwa meninggal dunia yang mencapai lebih dari 300 orang, tetapi juga mengakibatkan rusaknya puluhan ribu rumah warga, ratusan fasilitas umum, termasuk gedung sekolah, mulai dari gedung TK, SD, SMP, hingga SMA dan SMK.

Bahkan bukan hanya gedung sekolah yang terdampak, tapi para guru pun banyak yang terdampak, baik karena rumahnya ikut rusak akibat gempa maupun karena terhentinya kegiatan belajar mengajar untuk sementara. Hal ini bagi guru honorer, seperti dialami guru-guru SMK, sangat berdampak, karena kebutuhan sehari-harinya mengandalkan honorarium.

Kondisi tersebut mengundang kepedulian sekolah lain dari kabupaten/kota di Jawa Barat. Seperti SMK-SMK di Kabupaten Tasikmalaya. Mereka melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Tasikmalaya memberikan donasi sebesar Rp40.404.000 kepada MKKS SMK Kabupaten Cianjur.

Seorang guru SMK sedang menerima bantuan dari MKKS SMK Kabupaten Cianjur, disaksikan Wakil Ketua MKKS SMK, Ikin Sodikin (kanan), dan pengurus MKKS SMK Kabupaten Cianjur lainnya di Posko SMK Assuyutiah, Kamis (08/12/2022).

Donasi sebesar itu langsung diterima oleh Bendahara MKKS SMK Kabupaten Cianjur Bidang Swasta, Ferry Nur El Firdaus, S.Ag., di Posko SMK Assuyutiah, Rancagoong, Kecamatan Cilaku, Cianjur, Kamis (08/12/2022).

Turut mendampingi Ustad Ferry, sapaan akrab Ferry Nur El Firdaus, saat menerima donasi tersebut, Ketua MKKS SMK Kabupaten Cianjur, Nurdin, S.Pd.I, SH.I, Wakil Ketua Ikin Sodikin, SH.I, MM.Pd, dan beberapa pengurus MKKS SMK Kabupaten Cianjur lainnya.

Setelah donasi tersebut diterima, tidak menunggu lama jajaran Pengurus MKKS SMK langsung menggelar rapat dan mendata guru-guru yang terdampak gempa bumi yang berada di 3 Korwil. Hasilnya ada sekitar 203 guru yang terdampak. Maka kemudian disepakati, mereka masing-masing mendapat bantuan sekitar Rp200.000/orang. Saat itu juga bantuan tersebut diserahkan kepada para guru.

“Kami sangat berterima kasih kepada MKKS SMK Kabupaten Tasikmalaya yang telah memberikan bantuan ini sebagai wujud kepedulian kepada kami yang terdampak gempa. Bantuan ini sangat besar manfaatnya bagi kami,” ujar Asep Sa’ban, yang diiyakan rekannya Ali Firdaos, guru SMK Dzakiyyun Cianjur.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Andri Andrian, M. Yuswara, Suhendra dan Devi, guru-guru SMK Assuyutiah. Mereka sangat mengapresiasi kepedulian sesama guru SMK di Kabupaten Tasikmalaya, yang telah memberikan bantuannya melalui MKKS SMK setempat kepada guru yang terdampak gempa di Cianjur.

Mudah-mudahan, kata mereka, bantuan yang telah diberikan tersebut menjadi pahala berlipat dari Allah SWT.

Asep R. Rasyid