Diikuti 352 Siswa Baru, SMPN 1 Pasirjambu Gelar MPLS

Kemeriahan pelaksanaan MPLS yang digelar lapangan upacara SMPN 1 Pasirjambu, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Senin (17/7/2023).

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Sebanyak 352 siswa baru SMP Negeri 1 Pasirjambu, Desa Pasirjambu, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Pembelajaran 2023/2024, di SMPN setempat, yang dimulai Senin (17/7/2023).

Kepala SMPN 1 Pasirjambu, Kartika Prapti Diah Handayani, S.Pd., MPd., mengatakan, kegiatan MPLS untuk kelas VII itu dimulai dengan prosesi penyematan tanda peserta, dilanjutkan dengan melepaskan balon ke udara.

“Pelepasan balon tersebut sebagai simbol bahwa siswa kelas VII memiliki cita-cita yang tinggi,” ujar Kartika kepada Wartaparahyangan.com saat ditemui di SMPN 1 Pasirjambu.

Siswa baru yang mengikuti MPLS tersebut sebanyak 352 orang, terbagi dalam 11 rombongan belajar (rombel) dengan jumlah siswa masing-masing 32 orang.

Sejumlah peserta MPLS saat bermain game tradisional oray-orayan di lapangan upacara SMPN 1 Pasirjambu, Senin (17/7/2023). Foto Lily Setiadarma

Menurut Kartika, selain mengenalkan lingkungan sekolah dan para pendidiknya, peserta MPLS juga dibekali dengan sejumlah materi, seperti kegiatan mengaji Al-Qur’an. Ini sesuai dengan muatan lokal yang diluncurkan Bupati Bandung.

“Kita lebih menekankan ke mengaji di kelas. Jadi dalam hal ini kegiatan MPLS dibimbing juga oleh para guru ngaji yang biasa melaksanakan kegiatan mengaji di sekolah ini. Kemudian oleh para guru, mereka juga diberikan wawasan wiata mandala, bimbingan cara belajar efektif di SMP, serta pengetahuan tentang organisasi OSIS yang disampai kakak kelas yang kebetulan menjadi pengurus OSIS di SMP ini,” tuturnya.

Kartika berharap, setelah mengikuti kegiatan MPLS hingga selesai dalam tiga hari ke depan, para siswa baru tersebut merasa betah dan nyaman menjadi keluarga besar SMPN 1 Pasirjambu, dan yang juga penting, mereka akan semakin bersemangat untuk bersekolah di SMPN tersebut.

Ketua Panitia penyelenggara, Agus Nurjaman, S.Pd., mengatakan, pelaksanaan MPLS di SMPN 1 Pasirjambu dilaksanakan 3 hari, yakni Senin, Selasa dan Kamis. Karena Rabu tanggal merah, jadi kegiatan dilaksanakan Kamis.

“Teknis pelaksanaannya seperti biasa. Bahkan kami menghindari hal-hal yang bisa membuat siswa baru tampak bloon pakai ini-itu. Justru kami membuat mereka tampak elegan, memakai seragam lengkap dengan atribut dan topi selama mengikuti MPLS,” ujar Agus.

Kepala SMPN 1 Pasirjambu, Kartika Prapti Diah Handayani, S.Pd., MPd.

Jadi melalui MPLS itu, lanjut Agus, siswa baru harus mengetahui tempat dan ruangan yang nantinya akan biasa mereka kunjungi, seperti kantor, ruang guru, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, kantin, jamban dan lainnya.

“Siswa kelas VII juga harus memahami visi misi dan moto SMPN 1 Pasirjambu,” kata Agus seraya menambahkan, dengan MPLS itu para siswa juga diharapkan menunjukkan kebanggaannya sebagai siswa SMPN 1 Pasirjambu, dan itu dilakukan dengan menjaga nama baik sekolah.

Sementara itu, salah seorang siswa baru, Mutia Farida, yang berasal dari SDN Cisondari 1, mengaku senang bisa ikut kegiatan MPLS. Karena bisa berkumpul bersama teman baru, dan dapat lingkungan baru.

“Lebih dari itu saya bangga bisa masuk SMPN 1 Pasirjambu, yang memang saya cita-citakan,” katanya.

Lily Setiadarma