Semarak Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-79 di Kabupaten Bandung

WartaParahyangan.com

BANDUNG – Bupati Bandung Dadang Supriatna dan jajaran Forkopimda Kabupaten Bandung, TNI, Polri, anggota DPRD Kabupaten Bandung, serta para ASN di lingkungan Pemkab Bandung menggelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Lapangan Upakarti Komplek Pemkab Bandung, Soreang.

Bupati Bandung yang mengenakan pakaian adat menjadi inspektur upacara. Juga jajaran Organisasi Perangkat Daerah mengenakan pakaian adat sebagai wujud kecintaan terhadap adat istiadat dan keragaman suku, bahasa dan adat istiadat dalam bingkai kesatuan NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Bupati Bandung mengungkapkan tahun ini bangsa Indonesia genap berusia 79 tahun. “Sebagai warga negara Indonesia, kita wajib bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan Proklamasi Kemerdekaan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka dan berdaulat serta bebas dari belenggu penjajahan. Kita juga wajib mempertahankan dan mewujudkan apa yang menjadi perjuangan para pendiri bangsa,” katanya.

Menurut Dadang, Proklamasi Kemerdekaan bukanlah tujuan akhir, melainkan sebuah alat untuk menyusun tata kehidupan yang baru, mendorong kita lebih kreatif, inovatif menuju budaya kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan juga kerja ikhlas dalam mencapai cita-cita bangsa Indonesia, yaitu terwujudnya masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna, menyebutkan saat ini bangsa Indonesia perlu melakukan langkah-langkah percepatan peningkatan kesejahteraan sosial guna menyelesaikan beberapa isu sentral yaitu kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting, pengendalian inflasi, pengangguran, dan ketahanan pangan.

“Tantangan ini harus kita jawab dengan terus bekerja dan optimis pada hasil kerja untuk terus bangkit menuju kesejahteraan rakyat,” katanya.

Hal itu sesuai dengan tema Hari Kemerdekaan RI ke-79, yaitu Nusantara Baru Indonesia Maju. “Ini adalah harapan dan semangat bagi bangsa Indonesia. Tidak terkecuali untuk Kabupaten Bandung. Juga dalam upaya menyongsong Indonesia Emas 2045, yaitu peningkatan sumber daya manusia yang profesional,” ujar Kang DS

Tentunya, lanjut Kang DS, Nusantara Baru adalah simbol dari upaya bersama untuk membangun kembali dan merevitalisasi seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dengan pendekatan inovatif, kita harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan perkembangan teknologi serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan di era global ini,” katanya.

Sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Badung, Kang DS mengajak semua pihak bergandengan tangan untuk mewujudkan cita-cita bangsa. “Kita harus meningkatkan sinergitas antara pemerintah, dunia usaha, masyarakat dan berbagai bidang. Teruslah berkolaborasi dalam program pembangunan yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat,” harap Kang DS.

“Dengan semangat BEDAS kita dapat menciptakan perubahan yang positif, inovatif dan berkelanjutan. Di hari yang penuh makna ini, mari kita tingkatkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air kita. Jadikanlah HUT Kemerdekaan RI ini sebagai momentum untuk memperkuat tekad kita dalam mencapai Indonesia lebih baik dan lebih maju,” katanya.

Lily Setiadarma